Perkembangan Trend Jilbab di Indonesia Kini

Perkembangan Trend Jilbab di Indonesia Kini

Perkembangan Trend Jilbab di Indonesia KiniTiungmode.com, Perkembangan Trend Jilbab di Indonesia Kini Pada zaman terdahulu, wanita yang memakai jilbab sering dikatakan jadul karena model jilbab yang kurang sedap di pandang mata dan terlihat begitu kedodoran. Namun karena perkembangan jaman yang sudah modern, fashion jilbab juga turut berubah sangat cepat dan pesat. Sehingga anda sebagai wanita muslimah bisa memilih model hijab yang sesuai dengan kebutuhan. Wanita berhijab akan terlihat modis dan cantik dengan penutup kepala karena model hijabnya yang beraneka ragam, mulai dari gaya simple sampai gaya ribetpun turut disuguhkan. Fungsi jilbab menurut Islam adalah untuk menutup aurat wanita agar kaum hawa terlindungi dari hal yang tidak diinginkan, seperti yang sudah dijelaskan dalam kitab suci umat Islam, yaitu alquran.

Fungsi jilbab tidak hanya sebatas dalam fungsi teknisnya saja, akan tetapi jilbab juga merupakan sebuah identitas bagi si pemakainya. Abad ke 7 adalah abad dimana awal perintah berhijab. Berjilbab pada jaman ini sebagai sebuah hasil pemahaman atas dalil agama, dan yang dimaksud sesuai dengan dalil adalah jilbab yang diartikan sebagai kain penutup kepala sehingga kain menjulur hingga dada. Para masyarakat pendukung kebudayaan berhijab pad amasa ini masih memegang teguh ketentuan-ketentuan dalil dan elum terfikirkan untuk merubah makna dari hijab itu sendiri. Kemudian pada abad 9 sampai 12 masehi, penggunaan jilbab dipengaruhi oleh kultur kebudayaan masing-masing wilayah atau negara. Sedangkan perkembangan jilbab pada abad ke-19 terlihat tidak menutupi penuh kepala, dan hanya di selampirkan, selain itu seiringnya dengan waktu pada jilbab juga terdapat banyak motif atau hiasan tertentu sesuai dengan konteks lingkungan.

Berbeda dengan jaman terdahulu, karena sudah banyaknya desainer hijab yang bermunculan di nusantara. Sehingga banyaknya model jilbab yang sesuai dengan trend dan dapat dikatakan trend fashion pada zaman modern. Berbagai jenis jilbab yang sering dijual antara lain jilbab segi empat, segi tiga, atau jilbab praktis langsung pakai. Banyaknya pilihan tersebut sebenarnya juga dapat memudahkan anda dalam menentukan pilihan serasi dalam berbusana. Selain beberapa model jilbab diatas. model jilbab modern juga banyak disesuaikan dengan kreativitas desainer maupun produsennya antara lain:

  • Jilbab bergo, jilbab langsung pakai yang disertai detil seperti tali atau aksesoris lainnya, sehingga terlihat lebih cantik dan trendy.
  • Jilbab lengan yaitu jilbab yang didesai seperti model baju. Jika anda mengenakan baju pendek sebagai dalaman jilbab model lengan dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk dikenakan.
  • Jilbab panjang, jenis jilbab ini dapat anda pakai sesuai selera atau keinginan mau yang berukuran panjang sedang atau dengan ukuran panjang pendek.
  • Jilbab hoodies adalah model terbaru yang sedang trend. Model ini dapat juga anda dapatkan dari kreasi jilbab model segi empat atau persegi panjang yang didesain sedemikian rupa sehingga tampilannya tidak monoton dan lebih menarik.
  • ilbab lilit yaitu hampir sama dengan jilbab hoodies, perbedaannya dapat anda lihat dari modelnya yang bersifat tidak permanen, sehingga anda bisa mengkreasikannya sendiri sesuai dengan kenyamanan dan keinginan anda.

Jilbab yang tadinya berkesan negatif perlahan namun pasti mulai banyak diterima oleh masyarakat luas. Sehingga akhirnya wanita yang mengenakan jilbab mulai diterima dengan baik. Memasuki tahun 2000an sejarah dan perkembangan hijab di Indonesia semakin pesat lagi. Trend hijab mulai dikenal sehingga hijab mulai masuk ke dalam hitungan fashion. Indonesia memang merupakan salah satu pelopor trend hijab pada saat itu.

Hingga kini akhirnya hijab menjadi begitu populer berkat usaha para desainer muslim yang merancang desain pakaian muslim yang begitu fashionable dan jauh dari kesan kuno. Untuk seterusnya satu persatu mulai bermunculan desainer-desainer muda yang membuat hijab menjadi populer di kalangan wanita dan bahkan muncul komunitas hijabbers yaitu komunitas wanita yang mengenakan hijab yang di zaman sekarang ini menjadi suatu komunitas yang sangat berkelas. Tidak masalah mengikuti gaya berjilbab masa kini yang penuh kreasi cantik dan menariknamun tidak perlu terlalu mengikuti tren dan menjadi korban mode karena kaidah berjilbab yg sebenarnya adalah tetap santun dan cantik dan syar’i tentunya.