Melindungi Diri Dengan Hijab

Melindungi Diri Dengan Hijab

Tiungmode.com, Melindungi Diri Dengan Hijab – Dalam Agama Islam mewajibkan untuk melindungi wanita dan memuliakannya karena wanita nantinya akan menjadi pendidik generasi yang akan datang. Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.

Telah diperintahkan bahwa wanita untuk berhijab menutupi seluruh bagian tubuh yang memang menjadi auratnya sebagai pelindung dari berbagai hal yang bersifat negative. Ada beberapa pendapat di kalangan ulama tentang definisi jilbab. Ibnu Rajab mengatakan jilbab itu mala-ah (kain yang menutupi seluruh tubuh dari kepala sampai kaki yang dipakai melapisi baju bagian dalamnya, seperti jas hujan). Pendapat ini juga dipilih oleh al-Baghawi dalam tafsirnya dan al-Albani. Ada juga yang berpendapat jilbab itu sama dengan khimar alias kerudung sebagaimana disebutkan oleh an-Nawawi, Ibnu Hajar, dll. As-Sindi mengatakan, “Jilbab adalah kain yang digunakan oleh seorang perempuan untuk menutupi kepala, dada, dan punggung ketika keluar rumah.”

Hijab sudah menjadi salah satu ciri wanita yang salehah karena hal itu dapat kita lihat bahwa wanita tersebut sudah mengikuti perintah Allah SWT. Dalam berhijab, wanita harus menjalankannya semata – mata karena Allah SWT bukan karena ikut –  ikutan atau hanya sebagai fashion yang memang sedang ngetrend. Namun demikian, seiring dengan banyaknya wanita yang mulai berhiijrah untuk berhijab tetapi tidak sedikit juga dari mereka yang masih belum berhijab dikarenakan berbagai alasan mereka sehingga enggan untuk berhijab. Atau banyak juga yang berhijab tetapi masih belum sempurna dalam segi pemakaiannya seperti masih memperlihatkan bentuk atau lekuk tubuh dan lain sebagainya.

Berhijab tidaklah akan mengurangi kecantikan dari seorang wanita. Selain berfungsi sebagai pelindung, hijab juga dapat menunjang penampilan yang mana tidak hanya cantik dari luar tetapi wanita yang mengenakan hijab akan lebih terpancar kecantikan dari dalam dirinya. Dan tentunya para lelaki akan lebih respect dan tidak berani berbuat semena mena ketika melihat wanita muslim yang berhijab.

Berhijab haruslah konsisten dengan niat awal, karena banyak sekali apabila kita lihat wanita muslim yang begitu dengan mudahnya bergonta ganti penampilan seperti bongkar pasang hijab, atau mereka yang mengenakan hijab hanya pada suatu acara tertentu atau musim tertentu saja. Hijab merupakan benteng bagi seorang wanita muslim. Selain membatasi diri dari luar, berhijab juga akan membatasi diri sendiri seperti ketika kita akan berbuat sesuatu yang kurang baik, dengan berhijab seseorang tersebut akan lebih berpikir beberapa kali karena beban moral yang ia panggul.

Sekali lagi, niatkanlah diri untuk berhijab karena sebagai suatu kewajiban bukan karena ingin pamer penampilan saja dengan memamerkan barang – barang atau pakaian yang dipakai serba branded dan mahal pastinya. Karena dengan seperti itu, hilang sudah pahala berhijab. Berpakaianlah secara sederhana karena fungsi utama dari hijab sendiri ialah untuk melindungi diri dari aurat dan dari penglihatan para laki – laki. Agar penampilan tidak terlalu mencolok dan menarik lawan jenis, makan gunakanlah pakaian yang sederhana saja karena dalam islam tidak menjadikan sesuatu menjadi lebih rumit untuk dilakukan.

Maka agar memudahkan proses memakai hijab, usahakan untuk selalu membiasakan diri untuk berhijab sedini mungkin. Kenalkan dulu tujuan awal dari hijab dan berbagai perintah – perintahNya. Karena selalu dibiasakan sedari dini makan diharapkan akan terbawa sampai besar nanti untuk berhijab sehingga tiada lagi merasa berat dan akan terbiasa atas semua itu. Kembali lagi mengenai hijab sebagai pelindung, manfaat lainnya yang bisa kita ambil ialah dari segi kesehatan dan kecantikan. Dengan berhijab maka kita lebih terbebas dari polusi dan radikal bebas yang kurang baik untuk kesehatan kita. Dan tentunya dengan memakai hijab syar’i maka seluruh anggota tubuh yang menjadi bagian dari aurat akan lebih bersih dan cerah karena tidak terpapar langsung dengan sinar matahari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *