Manfaat lain Yang diperoleh Dengan Berhijab

Manfaat lain Yang diperoleh Dengan Berhijab

Tiungmode.com, Manfaat lain yang diperoleh dengan Berhijab – Mungkin sebagian kaum wanita muslim masih belum mengetahui manfaat lain yang diperoleh saat seseorang tersebut berhijab. Mungkin sebagian besar juga hanya mengetahui bahwa berhijab merupakan suatu kewajiban saja tanpa mengetahui alasan sebenarnya dan manfaat baik yang diperoleh. Manfaat berhijab selain dekat dengan Allah juga akan dengan batin yang bersih. Memang sudah menjadi suatu kewajiban bagi seluruh muslimah yang ada di dunia, karena selain merupakan sunnah Rasulullah SAW, berhijab juga merupakan syariat agama islam yang harus dilaksanakan.

Memakai hijab atau berhijab bukanlah hanya mengikuti trend fashion semata. Seluruh bagian tubuh wanita terkecuali telapak tangan dan wajah adalah merupakan aurat yang harus ditutupi dan tidak diperlihatkan kepada orang lain selain mukhrimnya. Dengan kata lain, fungsi utama berhijab ialah menutup aurat agar tidak terlihat saat seseorang tersebut berada diluar rumah untuk menjalankan aktifitas sehari – hari dengan aman. Aman disini dalam artian “mereka akan terjaga dan aman karena Allah lah yang menjaganya” Siapa sebaik – baik penjaga selain Allah SWT.

Tapi apakah kalian para wanita tahu? Bukan hanya untuk itu saja wanita berhijab. Juga untuk meningkatkan ketaqwaan, artinya ketika berhijab seorang wanita telah melakukan salah satu sunnah Rasulullah dan mendekatkan diri kepada Nya. Terhindar dari perbuatan yang kurang pantas dilakukukan wanita muslim, karena dengan berhijab seorang wanita akan lebih menjaga perilakunya karena adanya beban moral. Bagi wanita muslim yang memang niat bersungguh – sungguh, hal tersebut tetunya sangat dihindari untuk dilakukan.

Dan tentunya efek yang secara tidak langsung akan terasa ialah gangguan dari laki – laki yang menggoda, dengan berhijab laki laki pun akan segan untuk berbuat yang kurang baik. Faktor lain yang bisa menjadi manfaat berhijab ialah manfaat kesehatan yang diperoleh. Dengan berhijab seseorang akan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung yang mengakibatkan munculnya berbagai masalah pada rambut dan kulit yang mungkin menjadi suatu masalah serius bagi wanita yang sangat memperhatikan kecantikan. Anda tidak lagi perlu memakai aksesories dan penutup lainnya ketika memakai hijab.

Masalah akan menjadi lebih serius ketika efek langsung dari sengatan sinar matahari juga menimbulkan efek kanker kulit. Perlu diketahui bahwa mengenakan pakaian ketat saat terpapar sinar matahari dapat menimbulkan efek kanker kulit, maka ada baiknya untuk mengenakan pakaian yang longgar.

Selain itu penting untuk melindungi rambut dari bahaya sengatan matahari secara langsung. Berbagai masalah yang cukup serius kerap muncul dengan terkenanya rambut dengan sinar matahari secara langsung, misalkan ketombe yang sangat mengganggu karena akan terasa gatal dan tentunya akan mengurangi tingkat kepercaya dirian. Kemudian rambut rontok dan bercabang dan masih banyak lagi masalah – masalah lain yang bisa diatasi dengan berhijab karena akan terhindar dari debu dan polusi.

Manfaat yang lainnya yaitu mendidik pemakai hijab untuk tetap berperilaku baik karena mengenakan hijab tidak semata hanya menutupi aurat saja, melainkan akan berpengaruh juga terhadap sikap dan perilaku seseorang. Menjaga wanita untuk tidak melakukan hal – hal yang di luar syariat agama islam meskipun demikian hijab bukan suatu jaminan dalam seseorang untuk berperilaku.

Selain manfaat secara fisik dan perilaku, dengan berhijab juga akan memotivasi seseorang untuk belajar mengenai agama. Dengan tanpa kita sadari kita telah menjadi umat muslim yang taat kepada aturan agama dan tentunya ini akan berlanjut untuk mempelajari lebih banyak mengenai agama dan tentunya ini juga akan memberikan efek untuk saling mengajarkan sesame muslim lainnya untuk saling mengingatkan dan juga memberikan saran dan saling berbagi mengenai ilmu yang telah dimiliki masing – masing, sehingga kita semakin kaya akan ilmu. Dan cara tersebut merupakan salah satu yang paling mudah dan menyenangkan. Karena proses belajar tidak lagi membosankan dan dengan adanya saling berinteraksi memberikan manfaat lebih karena secara tidak langsung kita juga menjalin silaturahmi antar sesame umat muslim. Karena di jaman yang serba modern dan canggih ini cukup sulit untuk selalu menjaga silaturahmi secara langsung secara tatap muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *