Istiqomah Berhijab

Tiungmode.com, Istiqomah Berhijab – Berhijab, apabila kita membicarakan hijab tentunya kita membicarakan mengenai pakaian. Banyak wanita khususnya wanita muslim yang mulai berhijab, memang tidak mudah untuk memulainya dari yang tidak berhijab untuk berhijab dan yang lebih sulitnya lagi bagaimana tetap istiqomah berhijab dengan banyaknya trend dari dunia barat yang mayoritas cara berpakaiannya serba terbuka karena dianggap sexy dan ditambah dengan pergaulan yang semakin ekstrim membuat wanita muslim semakin sulit untuk beristiqomah dalam berhijab. Namun dapat dipastikan lagi karena semakin banyak tips dan trik agar kita tetap tahan godaan dalam berhijab. Beberapa tips untuk wanita muslim yang berhijab baik yang awal/pemula atau yang sudah memang berhijab untuk agar tetap istiqomah dalam berhijab :

  1. Pertama – tama ingat kembali niat awal kita berhijab dan bagaimana susahnya perjuangan untuk merubah diri mejadi lebih baik dengan dimulai dengan berhijab. Dengan mengingat lagi semua itu dari awal sedikitnya kita akan lebih mernghargai jalan yang sudah kita tempuh sejauh ini untuk tetap berhijab.
  2. Selanjutnya yaitu factor kenyamanan dalm berpakaian. Pilihlah pakaian hijab senyaman mungkin tanpa perlu ribet dengan aksesories dan lain sebagainya dan tetap utamakan kenyamanan, bukan merek. Karena semakin kita nyaman dengan pakaian yang kita kenakan akan semakin baik dan leluasa diri kita untuk bergerak dan beraktivitas.
  3. Jadilah diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri kita akan lebih percaya diri dalam hal apapun terutama dalam berpakaian, apapun yang kita kenakan akan tetap percaya diri asalkan kita tetap menjadi diri sendiri tanpa harus menghiraukan orang lain atau tidak perlu harus terbawa arus trend masa kini.
  4. Pilihlah pakaian hijab yang sesuai dengan selera dan keinginan dengan begitu kita akan lebih percaya diri . Dengan diri kita yang sangat percaya diri maka apapun yang kita kenakan pasti akan bagus karena percaya diri merupakan salah satu kuncinya.
  5. Tidak perlu menghiraukan omongan orang lain tentang kita. Karena pada umumnya sahabat-sahabat atau teman – teman pasti akan memberikan komentar pada saat pertama kali temannya wanita muslim baru pertama kali berhijab. Tanggapi santai semua komentar tersebut, dengarkan yang memang positef agar bisa terserap ilmunya dalam berhijab.
  6. Berkumpullah dengan orang – orang yang satu visi dan misi dengan kita. Dengan berkumpul dengan orang yang satu visi dan misi kita akan saling mendapatkan support satu sama lain, kita bisa saling sharing pengalaman dan tentunya ketika ada masalah bisa meminta bantuan untuk mencari solusinya bersama.
  7. Ikutlah majelis dan kajian. Dengan mengikuti majelis dan kajian dengan orang – orang yang berhijab selain mendapatkan pahala dan ilmu yang bermanfaat, sharin mengenai pakaian hijab pun taka da salahnya sehingga kita mendapatkan ide – ide atau tips – tips kreatif agar pakaian kita tidak membosankan dan selalu fresh.
  8. Ikut dengan komunitas hijab. Mengikuti komunitas hijab pun tidak ada salahnya, karena dengan bergabung dengan mereka kita lebih mengetahui informasi mengenai trend – trend busana hijab terbaru dan juga tentunya kita bisa menambah relasi dan menambah wawasan keislaman.

Dengan tips – tips diatas semoga bisa membantu sahabat – sahabat muslim agar tetap istiqomah dalam berhijab. Mungkin masih saja ada perasaan gelisah saat pertama kali beralih dari yang tidak berhijab menjadi berhijab karena belum terbiasa dengan kondisi tersebut atau perasaan lainnya karena tidak percaya diri dan lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Perasaan tersebut akan selalu ada, namun ada baiknya kita selalu menguatkan diri dengan pendirian kita. Tips – tips yang telah disebutkan diatas ditujukan untuk menghilangkan perasaan tersebut dan membantu sahabat – sahabat muslimah di luar sana sehingga dapat menggunakan busana muslimah ini dengan nyaman dan aman. Sekali lagi bahwa niat kita berhijab hanyalah semata – mata karena perintah Allah dan tetap focus dengan tujuan awal kita tanpa perlu menghiraupkan tanggapan – tanggapan negative yang hanya menjatuhkan kita. Seperti kata pepatah bahwa dimana ada keinginan disitu pasti ada jalan. Semoga selalu ada di dalam lindunganNya (Aamin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *