Berhijablah ! Tapi Bukan Karena Mode, Melainkan HATI !

Berhijablah ! Tapi Bukan Karena Mode, Melainkan HATI !

Tiungmode.com, Berhijablah ! Tapi Bukan Karena Mode, Melainkan HATI ! – Hijab saat ini menjadi sangat popular hampir disemua kalangan, dari kalangan bawah hingga kalangan atas dari mulai kalangan rakyat biasa hingga kalangan selebritis. Hijab sudah menjadi trend fashion yang berkembang sangat pesat. Banyak macam modenya dengan berbagai pilihan style yang sangat jauh berbeda dengan jaman dahulu. Dahulu kala gaya hijab sangat biasa – biasa aja tidak banyak mode yang diperkenalkan karena dahulu hanya lebih mengedepankan fungsi dari hijab itu sendiri.

Hijab berfungsi sebagai proteksi bagi yang memakainya, bersifat melindungi karena hijab menutup aurat dan juga melindungi dari segala macam jenis gangguan – gangguan yang mungkin terjadi seperti tindakan asusila dari lelaki yang berniat jahat.

Tetapi dengan seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya kaum wanita yang memakai hijab berpengaruh ke dalam industry pakaian atau mode yang banyak macamnya. Ada beberapa jenis hijab yang mulai beredar saat ini salah satunya yaitu hijab syar’I dan satu lagi yaitu kebalikannya, hijab gaul yang memang trendy dan mengikuti perkembangan fashion tanpa harus mengikuti syariat yang ada.

Fenomena wanita yang semakin sadar yang pastinya sadar disini dimaksudkan sadar mulai untuk berhijab karena ini merupakan suatu kewajiaban yang memang harus diikuti. Tetapi justru cukup miris juga, dengan semakin banyaknya pemakai hijab tidak diimbangi dengan pengetahuan dasar dari fungsi hijab tersebut, sehingga banyak diantaranya hanya membungkus saha tanpa mengikuti hukum syariah.

Hampir disetiap tahunnya bermunculan mode mode dan fenomena hijab tertentu semisal hijab dengan embel – embel nama artis atau public figure lainnya dan selalu saja disangkut pautkan dengan ini. Alasan lain dikarenakan mungkin saja artis atau public figure tersebut memang mempunyai brand tersendiri atau hanya sekedar artis itu mengenakannya dalam suatu moment. Lalu dianggapnya suatu celah bisnis atau peluang, bagi pihak tertentu ini dijadikan sebuah lahan bisnis karena pasti akan banyak sekali permintaan yang masuk dan mendapatkan untung yang berlipat – lipat.

Ketahuilah bahwa berhijab sesungguhnya tidak akan mengurangi penampilan kalian atau kecantikan dari wanita yang memakainya. Sebaliknya, dengan berhijab apalagi syari’i atau sesuai dengan syariat islam justru akan mebuat siapa saja yang memakainya terlihat semakin cantik dan terjaga dan juga lebih memiliki nilai plus dan tentunya dimata laki – laki yang baik. Kecantikan yang terjaga dan hanya yang memang berhak yang dapat melihat kecantikan nantinya.

Beberapa dasar atau hal – hal yang perlu diperhatikan mengapa wanita haruslah memakai hijab, diantaranya :

  1. Berhijab merupakan perintah langsung dari Allah SWT

Perintah ini telah dijelaskan dalam ayat “ Hai Nabi, katakanlah kepada isteri – isterimu, anak – anak perempuanmu dan isteri – isteri orang mukmin : “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah maha pengampun lagi  maha penyayang.” (QS. Al Ahzab : 59). Dalam surat Al Azhab ayat 59 ini Allah telah berfirman dan memerintahkan Rasul-Nya untuk menyuruh para wanita mukmin seluruhnya (dimana khusus isteri – isteri dan anak – anak beliau adalah karena kemuliaannya) Untuk menjulurkan atau menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Tujuannya adalah agar mereka mudah dikenali dari para wanita jahiliyah dan para wanita hamba sahaya perempuan.

Demikianlah dalil yang menyatakan perintah menggunakan hijab, dan setiap perintah Allah SWT yang dilanggar akan mendapatkan dosa dan pembalasan di akhirat nanti.

  1. Berhijab harus konsisten

Berhijab bukanlah suatu trend atau mode dari suatu fashion yang dapat diganti – ganti atau buka tutup dengan busana lain yang memang tidak sepantasnya sesuai dengan suasana hati yang memakainya. Berhijab adalah kewajiban yang harus dilakukan dengan konsisten tanpa terpengaruh perubahan model atau arah dari trend yang sedang berlaku sekarang . Juga tidak diperbolehkan apabila seseorang yang telah memakai hijab di hari ini, kemudian pada keesokan harinya wanita tersebut melepasnya dan keesokan harinya ia mengenakannya lagi dengan alasan apapun dan tidak pernah merasa bersalah atau berdosa melakukan hal tersebut.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *