10 Tips Agar Kerudung Tidak Lepek yang Benar

10 Tips Agar Kerudung Tidak Lepek yang Benar

Tiungmode.com, 10 Tips Agar Kerudung Tidak Lepek yang Benar – Kebersihan adalah sebagian dari iman dan Allah menyukai keindahan, begitu bunyi salah satu hadist. Dengan demikian, hijab atau berjilbab atau berkerudung, seharusnya tidak menghalangi hijabers untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian penampilannya. Menggunakan hukum memakai hijab syar’i bukan berarti meninggalkan keindahan. Apa yang dimaksud indah dan rapi dalam berhijab? Salah satu kriterianya adalah kerudung tidak lepek.

Yang dimaskud kerudung lepek ada dua kategori, yaitu tips agar kerudung tetap rapi dan cara menghilangkan hijab bau. Nah, di bawah ini ada beberapa rangkuman tips agar kerudung tidak lepek.

    1. Memilih Jenis Bahan Hijab

Hijabers sebaiknya mengenali berbagai jenis bahan hijab. Jenis bahan hijab yang baik adalah menyerap keringat dan tidak menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, jenis bahan hijab yang baik umumnya adalah tidak licin dan mudah dibentuk. Untuk kriteria jenis bahan hijab terakhir berbeda-beda pada setiap orang sesuai bentuk wajah dan kepala. Ada wajah dan kepala yang membuatnya sangat cocok dengan bahan hijab yang jatuh. Ada pula yang cocok jika mengenakan bahan hijab sedikit kaku. Jika hijabers cocok dengan salah satu jenis bahan hijab, sebaiknya memperbanyak yang demikian. Jenis bahan ciri-ciri hijab satin, bahan kerudung pashmina yang mudah dibentuk, ciri-ciri jilbab jilbab rawis akan mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

    2. Merawat Rambut

Hijabers harus tetap merawat rambut meskipun tidak terlihat oleh orang lain. Rambut yang sehat akan membuat kulit kepala juga sehat. Rambut dan kulit kepala sehat mempengaruhi produksi keringat di kepala. Keringat dari kulit kepala yang tidak sehat akan mengeluarkan bau tidak sedap sampai keluar kerudung. Oleh sebab itu, hijabers disarankan untuk selalu keramas secara teratur. PIlihlah rekomendasi shampoo untuk berhijab yang cocok dengan jenis rambut sehingga terjaga kelembabannya.

    3. Tidak Memakai Kerudung Saat Rambut Basah

Keramas adalah salah satu perawatan rambut dan tips agar kerudung tidak lepek. Keramas minimal dilakukan dua kali seminggu. Namun demikian, aturlah waktu keramas agar saat hendak menggunakan jilbab rambut sudah tidak lagi basah. Rambut yang basah akan membuat kerudung tampak tidak lepek. Sesekali jika rambut masih basah dan hijabers harus segera beraktivitas, dapat memakai hairdyer. Penggunaan hairdyaer yang terlalu sering dapat merusak rambut.

    4. Menghindari Parfum Menyengat

Memberi parfum pada hijab dapat membuat hijabers tidak mendapatkan manfaat berhijab karena wanginya yang menyengat dan menarik perhatian. Selain itu, maksud hati agar kerudung tetap wangi, yang terjadi sebaliknya. Parfum yang menyengat bercampur dengan keringat dari kulit kepala justru akan memicu timbulnya bau tidak sedap.

    5. Menggunakan Kerudung Sesuai Kegiatan

Menggunakan kerudung sesuai dengan kegiatan dapat membantu agar tidak lepek. Jangan menggunakan kerudung dengan banyak detail dan licin mengkilap untuk kegiatan sehari-hari. Kerudung dengan banyak detail dan licin mudah sekali rusak sehingga hijabers akan tampak lepek karena tidak rapi di saat kegiatan banyak. Sesuaikan aktivitas dengan tutorial hijab pashmina simple untuk wajah bulat, tutorial hijab syar’i segi empat, tutorial hijab untuk ke pesta, dan tutorial hijab wisuda segi empat.

    6. Mencuci dengan Benar

Mencuci bahan kerudung mempunyai cara tersendiir agar tetap nampak rapi dan wangi. Untuk menjaga kebersihan dan baunya dapat dicampurkan dengan sedikit cuka. Sebaiknya mencuci jilbab tidak menggunakan mesin cuci, ini adalah salah satu tips merawat jilbab paris.

    7. Menyetrika dengan Benar

Menyetrika kerudung juga harus benar agar selalu rapi. Setrika seluruh bagian permukaan hijab segi empat dan hijab pashmina baru dilipat. Sedangkan untuk hijab instan seperti Rabbani, jangan melipat bagian pet dan setrika dari bagian dalam pet. Menyimpan hijab harus dengan hanger khusus jilbab dan sesuai cara menyimpan jilbab bergo.

    8. Menggunakan Inner

Menggunakan inner akan membuat hijab yang dipakai lebih bagus posisinya dan tampak rapi. Perhatikan untuk tidak menggunakan hijab punuk unta dan mengganti inner setiap hari agar kerudung tidak berbau.

    9. Menggunakan Hijab Instan

Menggunakan hijab instan juga menjadi salah satu tips agar kerudung tidak lepek pada ibu yang masih mempunyai balita. Hijab instan juga sangat cocok bagi hijabers muda dengan berbagai kegiatan.

    10. Menggunakan Peniti, Jarum Pentul, dan Bros

Menggunakan peniti, jarum pentul, dan bros pada pemakaian kerudung sesuai tutorial hijab kekinian instagram. Dengan ketiga benda tersebut, hijab tidak mudah terlepas dan bergerak. Namun harus diperhatikan bahan kerudung yang digunakan. Penggunaan bors dan peniti pada hijab dengan bahan tipis dapat merusak bahan.

Hijab adalah identitas muslimah, yang terkadang orang menilai hanya dari satu orang yang berhijab. Selain penampilan yang bersih dan rapi, hiasi kepribadian dengan akhlak yang baik. Meskipun tidak ada hubungan hijab dengan perilaku, akhlak akan membuat penampilan seseorang cantik dari dalam. Dengan berhijab sekaligus berperilaku baik juga akan membuat orang tua merasa nyaman, sehingga hubungan hijab dengan ayah akan terasa secara fisik.

Demikian 10 tips agar kerudung tidak lepek. Semoga bermanfaat. Jika bermanfaat bantu Share ya ukhty ^-^, Disini kami juga mempunyai jilbab yang mudah-mudahan bisa membantu menyempurnakan penampilan dan yang pastinya nyaman digunakan silahkan : klik disini!..

One thought on “10 Tips Agar Kerudung Tidak Lepek yang Benar

  1. Pingback: #Tips - Warna Jilbab Agar Wajah Terlihat Cerah | Tiung Mode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *